keanekaragaman bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia adalah bahasa warga negara Indonesia. Oleh karena itu sangat wajib bagi warga negara Indonesia untuk menjunjung tinggi bahasa negara RI. Namun banyak di ketahui bahwa bahasa indonesia hanya dipakai dalam menyusun naskah pidato atau saat petemuan-pertemuan besar

Zaman dahulu pemuda-pemudi Indonesia begitu kerasnya berjuang mempersatukan Indonesia hingga pada akhirnya sumpah pemuda yang isi sumpah itu di antaranya adalah seluruh pemuda dan pemudi Indonesia bersumpah untuk menjunjung tinggi suatu bahasa yang akan mempersatukan bangsa Indonesia, yang akan menjadi bahasa seluruh warga negara Indonesia.

Ada beberapa Fakta-fakta seputar Bahasa Indonesia yang harus diketahui :

  1. Bahasa Indonesia sudah dimulai sejak abad ke 7 Masehi

Penyebutan pertama istilah “Bahasa Melayu” sudah dilakukan pada masa sekitar 683686 M, yaitu angka tahun yang tercantum pada beberapa prasasti berbahasa Melayu Kuno dari Palembang dan Bangka. Prasasti ini ditulis dengan aksara Pallawa atas perintah raja Sriwijaya, kerajaan maritim yang berjaya pada abad 7-12. Bahasa Melayu di Indonesia kemudian digunakan sebagai lingua franca (bahasa pergaulan).

Bahasa Indonesia secara resmi diakui sebagai bahasa nasional pada saat Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928. Akan tetapi dari dua bahasa itu, bahasa Melayu yang lambat laun akan menjadi bahasa pergaulan atau bahasa persatuan.

  1. Bahasa Indonesia dipelajari oleh 45 Negara di dunia.
    (
    ditulis oleh www.kompas..com rabu, 29 Oktober 2008)

Isi berita Ini menegaskan jika bahasa Indonesia kini mulai dipelajari oleh 45 negara di dunia. Negara yang mempelajari bahasa tersebut di antaranya adalah: Australia, Amerika, Kanada, Vietnam, dan banyak negara lainnya. Bahasa Indonesia menjadi bahasa popular keempat di Australia. Bahkan ada sekitar 500 sekolah mengajarkan bahasa Indonesia di sana. Bahkan anak-anak murid kelas 6 sekolah dasar di sana sudah mahir berbahasa Indonesia.

  1. Bahasa Indonesia adalah bahasa kedua di Kota Ho Chi Minh.
    (ditulis oleh www.kompas..com Jumat, 12 Juni 2009)

Ho Chi Minh adalah ibukota negara Vietnam. Menurut seorang diplomat Indonesia. Pada bulan Desember 2007 Pemerintah Daerah Kota Ho Chi Minh secara resmi mengumumkan bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua di Kota Ho Chi Minh. Irdamis Ahmad di Jakarta mengatakan, “Bahasa Indonesia sejajar dengan Bahasa Inggris, Prancis dan Jepang sebagai bahasa kedua yang diprioritaskan”

Salah satu penyebab bahasa Indonesia begitu diminati oleh bangsa Vietnam antara lain karena kemungkinan meningkatnya hubungan bilateral antara Indonesia dengan Vietnam di masa depan.

.

Menurut yang di kutip blog tersebut “fakta bahwa setelah Spanyol, bahasa Indonesia adalah Bahasa yang menempati urutan ketiga yang paling banyak digunakan dalam posting-posting WordPress

Sebagai warga Negara Indonesia yang baik hendaknya kita junjung bahasa tersebut, kita lestarikan bahasa Indonesia meski ancaman kebudayaan asing semakin besar. Mari bersama penuhi sumpah pemuda dan lestarikan bahasa Indonesia semoga bahasa Indonesia menjadi bahasa yang akan di pelajari oleh negara-negara di daratan dunia. Amiiinnnn.

Sumber blog: http://amriltgobel.multiply.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s