hamster panda

Hamster jenis panda memiliki warna bulu hitam dan putih seperti binatang panda. Hamster jenis ini juga suka menggigit. Saya dulu punya hasmter jenis panda, tapi saya jual karena saya tidak suka dengan hamster yang menggigit. Sebaiknya jangan berikan hamster jenis ini pada anak-anak. Karena terlalu bahaya. Kelebihan Hamster Panda Warna bulu bagus, lucu, suka melompat-lompat dan untuk mengembang biakkan lumayan gampang.

Kekurangan Hamster Panda : Suka menggigit, tidak cocok untuk anak-anak dan orang yang suka memanjakan hamster.

TIPS MERAWAT HAMSTER:

  • Usahakan kandang selalu bersih dan kering. Gunakan pasir,serutan kayu atau butiran batu yang biasa dijual di tempat penjualan hamster sebagai alasnya. Serutan kayu ini berguna untuk mengeringkan kandang dari air kencing dan menghilangkan bau air kencing itu sendiri. Kalau saya lebih suka memakai serutan kayu. Selain itu serutan kayu ini dipakai untuk mengubur makanan, atau bayi hasmter jika mempunyai anak.
  • Ganti serutan kayu setiap seminggu sekali atau jika sudah sangat bau dan kotor. Setelah seminggu atau dua minggu, serutan kayu akan terlihat kotor karena bercampur dengan kotoran dan sisa makanan. Jika mau sedikit repot, pasir yang sudah terpakai bisa dicuci, dikeringkan, dan dipakai ulang.
  • Cara mencucinya, pasir bekas pakai tadi direndam dulu agar kotoran dan sisa makanan mengambang sehingga mudah untuk dibuang dan dipisahkan dari pasirnya.Setelah itu dijemur agar cepat kering.
  • Beri makanan dan minuman yang cukup. Untuk minuman, sesuai saran penjualnya, jangan beri air langsung, tetapi beri kecambah (tauge), timun,atau buah yang berair setiap pagi dan sore. Dengan demikian, kandang bisa terus kering sepanjang hari. Banyak orang memberi minum dengan air sehingga kandang menjadi basah dan hamster mudah sakit dan mati.
  • Tambahkan makanan baru hanya jika makanan yang sudah ditaburkan atau disediakan di tempat makanan sudah habis termakan. Ini untuk menjaga kebersihan agar tidak banyak sisa makanan berserakan di dalam kandang.
  • Jika induk betina melahirkan, pisahkan dari hamster pejantan atau hamster lainnya, dan perbanyak makan kecambah. Ciri-ciri hamster betina yang akan melahirkan terlihat dari bentuk perutnya yang membuncit dan si induk seperti gelisah mondar-mandir dalam kandang dengan tingkat keaktifan yang lebih tinggi dari biasanya. Betina juga lebih senang memojok dan menggali-gali. Jangan lupa beri potongan kain untuk membuat sarang buat bayi-bayi hamster yang akan dilahirkan

Tips Merawat Yamster Yang Lagi Hamil

1. Bila perut hamstermu udah tampak buncit (betina) diharuskan pejantannya dipisah.

2. Bersihkan kandang yang akan ditempati sibetina kalau perlu dicuci supaya hamsternya merasa nyaman dan tenang, dan usahakan keluarkan mainannya sebab hamster yang lagi hamil tingkat keagresifannya sangat tinggi dan cara ini bisa mengurangi resiko keguguran bagi sibetina. Dan sediakan aksesoris rumah untuk sarangnya, ntar hamsternya bakal melahirkan didalam rumahnya, jangan lupa juga untuk memasukkan sobekan kain-kain kecil warna hitam sebagai alas didalam rumahnya.

3. Berikan makanan yang bergizi seperti kuaci (mentah), biji milet, kenari seed, biskuit, roti, telor rebus (putihnya saja 3hr 1x), wortel (separuh saja selama 1mg), jagung muda(seminggu sekali), singkong rebus, apel (separuh 1mg), dan toge diberikan secara berkala pagi dan sore secukupnya.

4. Stelah hamsternya melahirkan jangan sering dilihat apalagi dipegang-pegang selama dua minggu hingga bayinya sudah tumbuh bulu, kalau ngak ntar anaknya bisa dimakan. Ada beberapa faktor kenapa siIbu menjadi kanibal, biasanya itu dikareakan bau manusia ditubuh siBayi, induknya setress karna suasana disekitarnya terlalu ramai oleh manusia atau binatang pemangsanya jadi pikirkan sedikit setting kandangnya, siinduk kelaperan jadi jangan sampai suplai makanannya habis, sianak lemah biasanya dikarnakan saat induknya hamil kekurangan gizi hal itu juga bisa jadi sebab kekanibalan terhadap hamster. Bila memang terpaksa harus memegang induk dan bayinya disarankan menggunakan sarung tangan supaya siinduknya tidak mencium bau manusia (netral).

5. Setelah si bayi berumur 2 minggu sudah boleh dipisahkan dengan ibunya. Dan siibu boleh dicampur lagi dengan pejantan dan mainannya juga boleh dimasukkan kedalam kandangnya. Tapi ingat jangan sekali-kali mencampur bayi yang berumur 2 minggu tersebut dengan kedua induknya sebab sipejantan bisa saja membunuh anak-anaknya dan memakannya. Biasanya setelah sibetina dicampur lagi dengan pejantannya, dia bakal hamil lagi dalam kisaran 2 minggu berikutnya.

2 thoughts on “hamster panda

  1. hy…saya vanny..
    aku juga punyak hamster panda dirumah..tpi gak hamil”
    padahala aku belinya tanggal 19 November 2011…tpi sampek skrng blm hamil” juga.
    sampek gak sabaran nungguin dia (si hamster) punya anak…
    masa’ hamsterku ini sama” cewek ya?
    padahal si penjual nya uda liat kalo cowok cewek.
    aku gak berani megang…jadi aku gak bisa beda.in mana yg cewek..mana yg cowok.
    tpi mungkin ada kriterianya…kalo cewek sama cewek di satu.in ke kadang…dibakalan berantem atau apa gitu?
    begitu sebaliknya dengan cowok sama cowok.πŸ™‚

    thank’s before…πŸ˜€

    • kadang si penjual juga salah pada saat ksih tau vanny kalo si hamster jantan dgn wanita..
      kamu liat aja dari fisiknya..
      kamu liat dari pantat si hamster biasanya ada lubang anus jika lubang anus itu dekat dgn pantat si hamster itu menandakan kalo si hamster itu betina…
      sedangkan jika pria lubang anus si hamster agak edikit jauh dr pantat si hamster..

      sekedar saran hamster jenis panda jika di pegang menggigit saya sarankan jika ingin menangkap hamster gunakan kain yg tebal agar tidak di gigit, juga pada saat menangkap hamster jangan kagetkan si hamster.. pelan pelan aja krn hamster juga makhluk hidup. ehehehehee

      selamat mencoba….πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s